Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sering Insomnia? Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya

Insomnia
Setelah manusia melakukan aktivitasnya seharian penuh, tentunya saat malam tiba merupakan waktu untuk mengistirahatkan tubuhnya. Namun, tak sedikit dari mereka yang justru sering mengeluhkan perihal sulit tidur atau Insomnia. Insomnia itu sendiri merupakan gangguan yang dialami oleh seseorang, yang ditandai dengan kesulitan untuk mulai tidur atau kesadaran mereka yang tetap terjaga sepanjang malam. Setiap orang mungkin pernah mengalami gangguan seperti ini, walaupun tidak dalam jangka waktu yang panjang. Normalnya bagi orang dewasa waktu tidur yang ideal adalah 7 – 8 jam, jika kalian mengalami insomnia maka kualitas tidur kalian akan berkurang. Tentunya hal ini tidak dapat dianggap sepele karena dapat membawa efek buruk pada kesehatan kalian.

Insomnia tidak datang tiba – tiba, gangguan tersebut pasti memiliki penyebabnya, di artikel kesehatan kali ini kami akan membagikan info mengenai penyebab insomnia, yang telah kita rangkum dari website sehatq.com pada poin – poin berikut ini.

Penyebab Insomnia Pada Malam Hari

1.      Stress

Penyebab pertama mengapa kalian mengalami insomnia adalah Stres, atau terlalu banyak beban pikiran. Stres ini bermacam penyebabnya, seperti tugas yang tak kunjung selesai, tekanan pekerjaan. Atau jika kalian saat ini dalam rentang umur 20-an mungkin sedang pusing – pusingnya mengalami quarter life crisis beban pikiran ini juga dapat menjadi penyebab kalian mengalami insomnia.

2.      Faktor Lingkungan

Kalian bisa mendapatkan kualitas tidur yang baik apabila kalian merasakan nyaman. Nyaman di sini berkaitan dengan lingkungan tempat tidur kalian. Apabila kalian mengalami insomnia, bisa jadi salah satu faktornya karena lingkungan kamar kalian. Seperti pencahayaan kamar terlalu terang, suara bising yang berasal dari luar atau cuaca yang terlalu dingin bahkan terlalu panas.

3.      Efek Samping Obat

Faktor ketiga adalah karena obat – obatan yang kalian konsumsi. Misalkan kalian sedang mengalami demam, flu, atau asma lalu kalian mengonsumsi obat untuk meredakannya. Nah, tak sedikit efek samping yang terdapat dalam obat tersebut  dapat menyebabkan kalian sulit tidur.

4.      Faktor Penyakit

Untuk faktor ini biasanya terdapat pada insomnia tingkat sekunder. Insomnia sekunder ini merupakan kesulitan tidur pada seseorang yang disebabkan oleh penyakit atau masalah kesehatan yang diderita orang tersebut. Seperti GERD, asma, kanker, dan masih banyak lagi. Karena orang yang memiliki riwayat penyakit serius cenderung sulit untuk mendapatkan kualitas tidur yang bagus.

Setelah mengetahui penyebab dari insomnia. Kali ini kami akan membagikan cara untuk mengatasi gangguan tersebut, agar kalian dapat menerapkannya sendiri di rumah.

Cara Mengatasi Insomnia Yang Dapat Dilakukan di Rumah

1.      Jauhkan Gadget Saat Akan Tidur

Intensitas kalian dalam menggunakan gadget dalam satu hari pasti sudah sangat lama. Oleh karena itu, di malam hari manfaatkan waktu itu untuk benar – benar beristirahat. Karena sinar yang dihasilkan oleh gadget dapat memicu kesulitan untuk tidur. Sehingga  akan membuat kalian terus terjaga sepanjang malam. Selain itu juga melihat layar gadget yang terang di tengah gelap, dapat menimbulkan kerusakan pada mata kalian. 

2.      Hindari Kafein Saat Malam Hari

Bagi kalian yang hobi meminum kopi, usahakan meminumnya di siang hari. Sebisa mungkin hindari mengonsumsi kopi di malam hari. Karena kafein mengandung zat yang dapat mencegah kalian untuk tidur. Di samping itu, waktu yang baik untuk meminum kopi yaitu jam 09.30 - 11.30, 13.30, dan jam 17.00 sore.

3.      Kurangi Kebiasaan Tidur Siang

Tidur siang memang baik untuk kesehatan. Namun jika kalian justru mengalami insomnia karena hal tersebut, sebaiknya bisa kalian hindari saja, atau batasi waktu tidur siangnya maksimal 30 menit.

Insomnia tidak akan terjadi jika kalian menerapkan poin – poin di atas, selain itu dapat kalian tambahkan pula seperti rutin berolahraga dan membuat jadwal tidur yang teratur. Apabila masih belum teratasi, kalian dapat konsultasikan gangguan tersebut kepada dokter secara online salah satunya melalui aplikasi SehatQ.com.